Home » , , » Tinggalkan Perfeksionisme

Tinggalkan Perfeksionisme


Perfeksionisme adalah keyakinan bahwa seseorang harus menjadi sempurna untuk mencapai kondisi terbaik pada aspek fisik ataupun non-materi. Perfeksionis adalah orang yang memiliki pandangan perfeksionisme.


Pada bentuknya sebagai penyakit, perfeksionisme dapat menyebabkan seseorang memiliki perhatian berlebih terhadap detail suatu hal dan bersifat obsesif-kompulsif, sensitif terhadap kritik, cemas berkepanjangan, keras kepala, berpikir sempit, dan suka menunda. Hal-hal yang dapat menghambat keberhasilan dalam hal apapun. Orang yang potensial, namun perfeksionis akan terhambat kemampuannya. Hasrat menciptakan produk atau sesuatu yang terbaik adalah hal yang perlu, namun seorang perfeksionis akan menemukan banyak rintangan yang sama sekali tidak perlu.

Masalah perfeksionis adalah tindakannya yang cenderung suka menunda-nunda dan akhirnya capek sendiri. Obsesinya akan kesempurnaan menjadi beban pikiran dan meletihkan perasaannya. Orang perfeksionis akan cepat kehabisan energi karena terus cemas tentang bagaimana menyempurnakan sesuatu yang akan dikerjakannya atau berpikir seandainya dulu saya begini atau begitu.

Banyak sekali orang yang terkena gangguan jiwa berupa kecemasan atau gangguan-gangguan lainnya. Kebanyakan mereka adalah orang-orang perfeksionisme, yaitu orang-orang yang menginginkan segala sesuatu berjalan dengan semestinya atau berjalan sesuai dengan kehendaknya. 

Mereka tidak mau menerima kekurangan. Mereka juga cemas dengan adanya kemungkinan terjadinya kerusakan. Mereka mengatakan mengapa hidup selalu ada gangguan?

Fakta yang harus semestinya kita tahu bahwa salah satu ciri kehidupan di dunia adalah adanya perasaan kurang. Kesempurnaan di dunia hanya terdapat dalam khayalan para penyair serta teori para filsuf dan orang"bijak.

gambar; Kaskus

2 komentar :

Haturnuhun ka nu parantos nyumpingan blog sim kuring. Atuh anu bade masihan komentaran, sumangga wae kintunken. Mung emut, ulah anu jorang, kasar, atawa anu matak pipaseaeun kolot nya..?.