Home » » Mengganti Baterai Laptop ASUS X540L

Mengganti Baterai Laptop ASUS X540L

Karena sudah lama saya tidak mem-publish di blog yang saya punyai, ada rasa sepertinya rindu untuk mencoba kembali mengisinya. Nah, dalam hal ini saya mencoba untuk membagikan hasil dari bongkar-bongkar laptop yang kebetulan ada sedikit dibagian baterainya.

Entah mengapa, setelah kira-kira 1 (satu) tahun laptop Asus X540L yang saya miliki untuk bagian baterainya mulai terasa kendur tenaganya alias ngedrop. Mungkin keseringan dipakai dengan selalu charger  laptop terpasang terus selama pemakaian,  atau memang baterainya dari awal agak bermasalah. Indikator baterai yang biasanya saat mengisi (charger) berjalan sehingga menunjukkan keberadaan baterai terisi sampai penuh 100% dalam waktu sekian jam. Akan tetapi, indikator mulai menunjukkan keadaan baterai terisi hanya sampai 75-85 % dan ketahanan dalam pemakaian tanpa di-charger hanya bertahan maksimal pemaikan lebih kurang 1 - 1.5 jam, dari normal sekitar 2-2,5 jam.
Baik, langsung saja ke permasalahan cara membuka cashing dan menggantikan baterai di laptop ASUS X540L.

1. Membuka sekrup cashing ASUS X540L.


Buka semua sekrup-sekrup sebanyak 10 buah yang terpasang di bagian bawah laptop ASUS X540L. Kalau 11 bisa jadi kesebelasan ya..?? Gunakan obeng (screwdriver) plus (+), biasa orang bengkel menyebutnya obeng kembang. Putar perlahan tidak usah ngotot penuh tenaga, bisa slek mata skrup tersebut nantinya. Simpan semua sekrup tersebut dalam wadah yang sudah disediakan, biar tidak berceceran kemana-mana. (nggak mungkin kalau pergi ke mall sih..).


2. Cara membuka cashing ASUS X540L

Untuk memudahkan dalam membukanya, gunakan plastik ID Card atau bisa juga dengan cashing SD Card memori. Jangan menggunakan obeng min (-), khawatir akan sedikit merusak bagian cashing laptop tersebut. (lihat gambar kiri). Selipkan kartu tersebut dibagian belakang, ini yang lebih mudah untuk mulai membukanya. Secara perlahan geserkan kartu tersebut dengan sedikit menekuk bagian atas dari cashing laptop. (lihat gambar kanan).

3. Mulai Membuka cashing ASUS X540L

Setelah penutup cashing terbuka semua, angkat perlahan bagian atasnya. Hati-hati jangan terlalu tergesa-gesa, karena ada dua buah kabel untuk bagian keyboard ASUS X540L ini. Biarkan saja jangan dilepaskan. Selanjutnya,
Tadaaaa...bateraipun sudah nampak terlihat (lihat gambar kiri).
Letakan tutup atas (bagian keyboard) ke arah belakang untuk memudahkan kita nantinya mengangkat/menarik baterai yang akan diganti. (gambar kanan).

4. Mengangkat Baterai

Angkatlah kedua ujung baterai dengan pengait, kemudian angkat sedikit ke atas menggunakan ujung jari perlahan bagian kanan (gambar kiri) dan ujung kiri baterai (gmabar kanan) agar terlepas dengan bagian slot konektornya.



0 komentar :

Posting Komentar

Haturnuhun ka nu parantos nyumpingan blog sim kuring. Atuh anu bade masihan komentaran, sumangga wae kintunken. Mung emut, ulah anu jorang, kasar, atawa anu matak pipaseaeun kolot nya..?.